25 Juli 2013 - Tips    No Comments

Membuat Pengalaman Menjadi Berharga

“Pengalaman yang sebenarnya bukanlah apa yang terjadi pada diri kita, tetapi apa yang kita lakukan atas apa yang terjadi.”

Membuat Pengalaman Menjadi Berharga

Dalam proses kehidupan, tentunya ada banyak sekali pengalaman yang kita dapatkan dari berbagai hal yang terjadi atau kita alami dalam setiap langkah perjalanan hidup ini. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda dan itulah yang dapat menjadikan hidup kita istimewa dibandingkan orang lain. Sesungguhnya pengalaman adalah harta yang sangat berharga. Uang ataupun benda-benda mewah yang kita miliki bisa hilang, habis ataupun rusak, akan tetapi pengalaman tidak akan pernah hilang dan akan tetap ada pada diri kita sampai kapanpun.

Setiap pengalaman yang kita dapatkan tentunya akan memberikan kesan tersendiri sehingga kita dapat mengambil pelajaran darinya, baik itu pengalaman yang menyenangkan ataupun juga pengalaman yang menyedihkan. Dengan pengalaman yang menyenangkan, kita dapat mengambil pelajaran bahwa ternyata Allah telah mengatur skenario kehidupan kita dengan begitu indah, sehingga kita dapat merasakan berbagai kesenangan tersebut. Dari sanalah kita dapat belajar untuk selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah setiap saat. Dan dengan pengalaman yang menyedihkan, kita dapat belajar bahwa ternyata dalam proses kehidupan kita tidak selalu memperoleh kebahagiaan, sesekali kita harus diuji sejauh mana ketaqwaan kita pada Allah Swt. Tetaplah bersyukur, karena sesungguhnya semua ujian dan pengalaman yang menyedihkan itulah yang dapat menjadikan kita semakin kuat dan semakin dekat dengan Sang Pencipta.

Dari banyaknya pengalaman yang kita dapatkan setiap saat dalam kehidupan ini, hendaknya kita menjadikan pengalaman itu sebagai hal yang sangat berharga dengan menyikapi secara bijak setiap pengalaman tersebut sehingga nantinya akan ada hikmah serta manfaat yang bisa kita rasakan untuk menjadikan kita semakin lebih baik dalam menjalani kehidupan. Belajarlah dari setiap pengalaman karena pengalaman adalah guru kehidupan yang paling berjasa.

Apa komentar Anda tentang tulisan ini?